Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Tragis Seorang Mahasiswi Menerobos Banjir

Kompas.com - 22/04/2016, 15:22 WIB
Pascal S Bin Saju

Penulis

HOUSTON, KOMPAS.com — Video tentang seorang wanita yang berkendara menuju titik kematiannya akibat ditelan banjir menimbulkan rasa haru, sedih, dan simpati yang luas di media sosial.

Gadis 25 tahun itu, seperti dilaporkan harian The Sun, Kamis (21/4/2016), tenggelam mengenaskan bersama mobilnya setelah ia tidak mengindahkan peringatan dari polisi agar tidak melintas.

Rekaman yang mengejutkan itu dirilis oleh polisi Texas, Amerika Serikat, sebagai peringatan tentang bahaya mengemudi di tengah derasnya banjir di jalan raya.

Korban banjir itu adalah seorang mahasiswi bernama Claudia Melgar. Ia mahasiswi di Houston Community College, Houston, salah satu kota besar di negara bagian Texas.

Video memperlihatkan pergerakan kendaraan Melgar dari jalan kering, lalu melewati banjir setinggi roda mobil, seterusnya setengah badan mobil, hingga akhirnya "menghilang" ditelan banjir.

Petugas telah memasang tanda bahaya atau peringatan tentang bahaya banjir jika memaksakan diri melewati jalan itu.

Melgar terus berkendara melewati mobil derek yang ditaruh untuk memblokade jalan.

Gadis itu melaju di sebuah terowongan yang tergenang air di Harris County, Texas, setelah hujan teramat lebat. Perjalanan gadis itu berakhir di bagian terdalam dari genangan banjir.

Sesaat sebelum mobilnya menghilang, tampak ada cahaya senter terlihat dari kaca bagian belakang.

Mungkin juga cahaya dari telepon selulernya. Namun, tragisnya itu semua tidak menyelamatkannya.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 06.00. Penyelidik mengatakan, kedalaman air di jalan di terowongan saat itu mencapai 17 kaki atau sekitar 5,3 meter.

Warga Harris County mengatakan, banjir yang menewaskan Meglar "belum pernah terjadi sebelumnya", seperti dirilis Daily Mirror.

Dari penelusuran polisi diketahui, gadis malang itu telah mengirim pesan singkat kepada ibunya bahwa ia sedang dalam perjalanan pulang setelah meninggalkan kelab malam.

"Itu terakhir kami mendapat kabar dari dia," kata sepupu Melgar, Linda Rodriguez. Mayatnya ditemukan pada Selasa lalu ketika petugas pemadam kebakaran telah memompa air dari jalan.

Lebih dari 1.000 orang terpaksa mengungsi dari rumah mereka akibat banjir di wilayah Harris County. Banyak warga dan hewan peliharaan terjebak dan membutuhkan evakuasi khusus.

Sekitar 200 penerbangan dibatalkan di Bandara Hobby, Houston. Setidaknya lebih dari 120.000 warga tidak bisa mendapat layanan listrik.

Sekolah, angkutan umum, kantor, dan penjara semua ditutup selama beberapa hari. Video yang beredar di internet dan media sosial menimbulkan simpati yang luas di kalangan netizen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com