Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Iran Janji Bantu Negara Muslim Hadapi Teroris dan Zionis

Kompas.com - 17/04/2016, 20:00 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Presiden Iran Hassan Rouhani berjanji akan membantu negara Muslim untuk serangan teroris dan kekuatan zionis Israel.

Meski demikian, dia menegaskan Israel tak perlu merasa terancam dengan seruannya ini.

Berbicara saat acara parade Hari Angkatan Bersenjata, Rouhani membanggakan hasil yang dicapai dalam membantu warga Suriah dan Irak untuk menghadapi kelompok teroris Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS).

"JIka besok kota anda menghadapi bahaya dari terorisme ataupun zionisme, jawaban yang akan menguatkan kalian adalah Republik Islam Iran," kata Rouhani, di Teheran, Minggu (17/4/2016).

Namun demikian, dia menegaskan, Iran hanya akan memberikan bantuan kepada negara Islam yang memang meminta dibantu.

Selain itu, kekuatan militer Iran hanya akan diturunkan untuk tujuan pertahanan dan pencegahan.

"Kekuatan yang ada pada kami tidak akan dipakai untuk melawan tetangga-tetangga kami di selatan, utara, timur, dan barat," kata dia seperti dikutip Associated Press.

Pernyataan Rouhani ini diduga mengacu kepada sikap negara-negara di Teluk Arab, yang telah lama melihat Iran seperti berusaha untuk mendominasi wilayah tersebut.

Sementara, Arab Saudi dan Iran adalah rival lama yang kembali berlawanan dalam perang saudara antara Suriah dan Yaman.

Sebelumnya pada tahun 2010, Rusia membekukan kesepakatan suplai untuk sistem pertahanan Iran. Hal itu mengacu pada sanksi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) kepada Iran.

Presiden Vladimir Putin kemudian membuka kembali kerjasama itu pada tahun lalu. Hal itu terjadi setelah Iran sepakat untuk membekukan program nuklirnya, dan ditukar dengan dicabutnya sanksi internasional.

Amerika Serikat dan Israel sebelumnya telah menunjukkan sikap mereka atas sistem misil yang dimiliki Iran. Kondisi itu dikhawatirkan bakal mengganggu keseimbangan kekuatan militer di kawasan itu.

Dalam parade militer kali ini, ditampilkan kekuatan pertahanan udara Iran yang baru mereka dapatkan dari Rusia. Salah satu yang dipertontonkan adalah misil pertahan udara S-300 yang baru tiba awal bulan ini.

Selain itu juga dipamerkan kekuatan tank, kapal selam, misil jarak dekat, dan sejumlah senjata lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com