Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serang Etiopia, Kelompok Bersenjata dari Sudan Selatan Bunuh 140 Orang

Kompas.com - 17/04/2016, 18:00 WIB

ADDIS ABABA, KOMPAS.com - Kelompok bersenjata yang datang dari wilayah Sudan Selatan membunuh tak kurang dari 140 orang dan menculik sebagian lainnya, dalam serangan yang dilakukan di perbatasan Etiopia.

Keterangan resmi ini disampaikan pihak Pemerintah Etiopia, seperti dikutip Kantor Berita AFP, Minggu (17/4/2016). 

Kelompok bersenjata suku Murle melakukan serangan dekat wilayah Gambella. "Mereka juga menculik sebagian dari mereka," kata Jurubicara Kementerian Luar Negeri Tewolde Muluteg.

Suku Murle yang berasal dari Sudan Selatan, selama ini berkedudukan di bagian barat negara bagian Jonglei. Mereka memang kerap melakukan serangan untuk mencuri ternak. 

Sementara, wilayah Etiopia di Gambella, berada kira-kira 50 kilometer di sebelah selatan perbatasan Sudan. Wilayah ini menjadi kampung halaman suku Nuer, satu dari dua suku utama di negara itu.

Selain itu, tercatat ada 272 ribu pengungsi dari Sudan Selatan yang melarikan diri ke Gambella, akibat perang saudara yang pecah di Sudan, sejak Desember 2013. 

"Pasukan kami langsung melakukan pengejaran terhadap para pelaku penyerangan,: kata Muluteg tanpa mengungkapkan apakah pasukan Etiopia akan masuk ke teroritial Sudan atau tidak. 

"Saya tidak mempunyai perjelasan rinci terkait kasus ini. Lagi pula situasinya pun masih terus berkembang," jawab dia. 

Dia pun mengatakan, di kawasan perbatasan, pencurian ternak dan pertikaian adalah dua hal yang biasa terjadi.

"Kami tidak berpikir kelompok bersenjata itu memiliki kaitan dengan Pemerintah Sudan Selatan, atau pemberontak," kata Muluteg lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com