Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Regu Penyelamat Melanjutkan Pencarian Korban Gempa Jepang

Kompas.com - 15/04/2016, 21:05 WIB

TOKYO, KOMPAS.com – Regu penyelamat melanjutkan pencarian korban gempa di Jepang selatan, Jumat (15/4/2016).  Hingga Jumat sore, terjadi sedikitnya 130 gempa susulan.

Mereka mencari korban di bawah puing bangunan dan reruntuhan.

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pemerintah mengerahkan ribuan polisi, anggota pemadam kebakaran, dan tentara untuk operasi penyelamatan.

Gempa susulan terbesar terjadi pada Jumat pagi dengan magnitudo 6,2 dan membuat beberapa perusahaan menghentikan sementara operasi sementara di Jepang selatan.

Sejumlah perusahaan raksasa Jepang, termasuk Sony dan Toyota, menghentikan operasi mereka di wilayah selatan negeri itu, Jumat.

Gempa pertama terjadi pada Kamis (14/4/2016) malam, bermagnitudo 6,4. Setidaknya sembilan orang tewas dan 860 orang di sebuah desa di pusat gempa di Kumamoto, Pulau Kyushu.

Selain itu, gempa menghancurkan bangunan, merusak jalan dan jembatan, serta rumha-rumah penduduk.

Meski terjadi ratusan kali gempa susulan,  tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan pemerintah, Dua reaktor nuklir di Sendai, yang berada di sebelah selatan pusat gempa, tetap beroperasi.

Intensitas gempa ini serupa dengan yang terjadi pada tahun 2011 yang memicu tsunami hingga menghancurkan reaktor nuklir di Fukushima. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com