Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemasok Senjata Serangan ke "Charlie Hebdo", Paris, Ditangkap di Spanyol

Kompas.com - 13/04/2016, 21:42 WIB

MADRID, KOMPAS.com — Polisi Spanyol, Rabu (13/4/2016), mengaku telah menangkap warga Perancis bernama Amedy Coulibaly. Ia diduga memasok senjata untuk serangan di Paris, Perancis, tahun lalu.

Coulibaly adalah salah satu dari tiga ekstremis yang melancarkan serangan ke majalah satire Charlie Hebdo, di Paris, 7-9 Januari tahun lalu, yang menewaskan 17 orang.

Sebelum akhirnya kabur, Coulibaly menembak mati seorang polisi. Ia juga menyandera beberapa orang di supermarket Yahudi sehingga akhirnya ia membunuh empat orang di tempat itu.

Dalam sebuah pernyataan, polisi mengatakan, Antoine Denevi (27), asal Perancis utara, telah ditangkap pada Selasa (13/4/2016) di wilayah Malaga, Spanyol utara, setelah Paris menerbitkan perintah penangkapan.

Warga Perancis tersebut diduga melarikan diri dari negara itu beberapa minggu setelah pengepungan di supermarket itu pada 9 Januari lalu.

"Dia meninggalkan negara tetangga (Perancis) setelah serangan Paris untuk menghindari penangkapan polisi dan menetap di Malaga. Di sana, ia melanjutkan kegiatan ilegalnya dengan memakai dokumen palsu," kata polisi.

Tujuh belas orang tewas dalam serangan kelompok itu selama tiga hari di Paris.

Pada Jumat lalu, satu-satunya tersangka utama serangkaian serangan Paris yang masih buron, Mohamed Abrini, sudah ditangkap, seperti dilaporkan media Belgia.

Stasiun TV Belgia, VRT, menambahkan bahwa Abrini kemungkinan terlibat juga dalam serangan di Brussels, ibu kota Belgia, 22 Maret lalu, yang menewaskan total 32 orang.

Kantor Kejaksaan Belgia hanya mengukuhkan dalam pernyataan singkat bahwa mereka melakukan beberapa penangkapan terkait serangan Brussels.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com