Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penulis Indonesia Berpeluang Raih Penghargaan Internasional

Kompas.com - 13/04/2016, 14:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Disejajarkan dengan para sastrawan kelas berat seperti Gabriel Garcia Marquez dan Haruki Murakami, penulis asal Indonesia ini berpeluang meraih penghargaan Man Booker Internasional Prize.

Eka Kurniawan (40), akan bersaing dengan nama-nama besar dunia buku macam Orhan Pamuk dan Kenzaburo Oe yang keduanya pernah meraih hadiah Nobel Kesusastraan.

Namun, Eka masih menganggap masuknya dia di dalam daftar panjang para calon penerima penghargaan ini adalah sebuah hal yang paling mengejutkannya.

Pada Kamis (14/4/2016), panitia akan mengumumkan apakah Eka akan masuk posisi enam besar dan meraih penghargaan bergengsi untuk novel "Manusia Harimau" karyanya.

Buku pemenang akan membuat penulis dan penterjemah mendapatan 50.000 dollar AS atau Rp 657 juta dolar. Nanum, setiap finalis mendapatkan tambahan hadiah sebesar 1.000 dollar AS atau Rp 13 juta.

"Saya harap ini menjadi pertanda bahwa sastra Indonesia benar-benar sedang bangkit, sebab dalam 10 tahun terakhir saya merasakan semangat itu," ujar Eka.

Eka Kurniawan yang terlibat dalam unjuk rasa mahasiswa 1998 mengatakan, gelombang unjuk rasa yang menggulingkan Suharto dari pucuk kekuasaan memberi dampak besar dalam kebebasan sastra Indonesia.

"Saya merasa Indonesia lebih terbuka saat ini. Kami bisa membicarakan banyak hal termasuk politik, agama dan seks yang dulu tabu," tambah dia.

Tema-tema realisme di dalam buku-bukunya membuat Eka dibandingkan dengan penulis legendaris Kolombia, Gabriel Garcia Marquez.

Beberapa kalangan bahkan menyebut Eka sebagai penerus legenda Indonesia, Pramudya Ananta Toer, pengarang tetralogi Buru.

Man Booker International Prize merupakan penghargaan internasional yang diserahkan dan digelar di Inggris.

Penghargaan ini diberikan sejak 2015 untuk para penulis yang masih hidup dari seluruh dunia dengan buku yang diterbitkan dalam bahasa Inggris atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com