Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Monster Buaya di Florida Ditembak Usai Memangsa Sapi

Kompas.com - 06/04/2016, 16:30 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Seorang pemburu di Amerika Serikat menceritakan kisahnya bahwa ia telah menembak seekor buaya seberat 360 kilogram yang tengah memangsa seekor sapi di peternakannya.

Seorang pemburu profesional, Lee Lightsey, mengatakan, buaya raksasa sepanjang 4,5 meter itu merupakan salah satu yang terbesar yang dia temukan dalam 18 tahun ini. Ia memerlukan sebuah traktor untuk memindahkannya.

Lightsey bersama seorang pemandu berburu, Blake Godwin, menemukan buaya itu di dalam kolam ternak saat mengawasi perburuan, Sabtu (2/4/2016).

Ketika makhluk itu muncul dalam jakar sekitar enam meter, mereka pun menembaknya.

"Meski hewan ini sangat besar, saya tidak terkejut karena itu memang ada," kata Lightsey.

"Kami sudah banyak menemukan hewan semacam itu selama 20 tahun terakhir, tetapi (yang sebelumnya) ukurannya sedikit lebih kecil," katanya.

"Yang benar-benar menarik perhatian kami adalah fakta bahwa dia tampaknya telah memangsa sapi di peternakan saya karena bagian tubuh yang dimakan ditemukan di dalam kolam. Hewan itu adalah monster yang harus dibunuh."

Lightsey mempunyai perusahaan yang menangani perburuan binatang-binatang, seperti buaya, babi hutan, dan kalkun di area pertanian miliknya yang dijadikan tempat berburu.

Sebelumnya, buaya terbesar yang pernah dibunuh sepanjang empat meter. Bayaran yang dia peroleh bervariasi, tergantung ukuran buaya yang dibunuh.

Dia dibayar sebesar 10.000 dollar AS (sekitar Rp 132 juta) untuk membunuh buaya yang lebih besar, sepanjang empat meter.

Untuk membunuh buaya berukuran tiga meter, dia dibayar sebesar 4.500 dollar AS (sekitar Rp 59 juta). Hewan-hewan itu sebagian besar dibunuh dengan senapan kaliber besar.

"Kami selalu mengurangi penderitaan hewan-hewan buas itu saat kami membunuhnya. Sebisa mungkin, buaya-buaya itu tidak terluka sebelum mati," katanya.

Ada ratusan buaya untuk para pemburu. Ukurannya berkisar tiga meter, kata dia, sementara binatang-binatang buas yang tingginya lebih dari tiga meter hanya ditemui sekitar setahun sekali.

Lightsey telah mengomersialkan perburuan buaya sejak dia mulai "memanen" buaya-buaya itu tahun 1988.

Sekitar 5.000 buaya yang panjangnya lebih dari 1,5 meter telah dibunuh sejak saat itu.

Buaya-buaya di Amerika mendiami bagian tenggara. Negara Bagian Florida dan Louisiana dilaporkan memiliki populasi hewan buas ini. Masing-masing lebih dari satu juta buaya.

Bagian selatan Florida terkenal sebagai satu-satunya tempat di dunia tempat buaya hidup saling berdampingan dalam lingkungan air tawar, seperti sungai, danau, dan rawa-rawa.

Lightsey mengatakan, dia berencana untuk menguliti alligator ini dan menyumbangkan dagingnya ke sebuah badan amal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com