Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puing Mozambik Hampir Pasti Berasal dari MH370

Kompas.com - 24/03/2016, 10:58 WIB

SYDNEY, KOMPAS.com — Dua puing pesawat yang ditemukan di Mozambik hampir pasti berasal dari Malaysia Airlines MH370 yang hilang dua tahun lalu.

Hingga penemuan ini, hanya bagian dari sayap yang ditemukan di Pulau Reunion di sebelah timur Mozambik, yang sudah dipastikan berasal dari pesawat naas itu.

"Hasil analisis sudah menunjukkan bahwa puing itu hampir pasti berasal dari MH370," kata Menteri Transportasi Australia Darren Chester, Kamis (24/3/2016).

"Puing itu ditemukan di pesisir timur Afrika sesuai dengan simulasi arah hanyut yang dipaparkan CSIRO (badan sains Australia) dan semakin memastikan upaya pencarian kami di wilayah selatan Samudra Hindia," kata Chester.

Dua puing yang ditemukan di Mozambik adalah bidang datar berwarna abu-abu dengan tulisan "no step" di salah satu sisinya. Puing sepanjang satu meter itu ditemukan tertutup pasir pantai oleh seorang wisatawan.

Sementara itu, puing lainnya ditemukan di kota Mossel Bay, Afrika Selatan. Puing ini belum melalui proses identifikasi, tetapi juga diduga berasal dari MH370.

Pemerintah Malaysia kini bekerja sama dengan Afrika Selatan untuk menyiapkan pengujian puing yang diduga merupakan bagian dari mesin pesawat.

Kota Mossel Bay berjarak 2.000 kilometer lebih dari Vilankulo, lokasi wisata di Mozambik, tempat penemuan puing yang diperiksa di Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com