Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puing yang Diduga dari MH370 Ditemukan di Pesisir Afsel

Kompas.com - 23/03/2016, 12:23 WIB

JOHANNESBURG, KOMPAS.com — Sepotong serpihan pesawat yang ditemukan di sebuah pantai di Afrika Selatan kini menjalani pemeriksaan karena diduga merupakan bagian dari pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang.

Pecahan itu ditemukan di dekat Mossel Bay, sebuah kota kecil di provinsi Western Cape. Demikian keterangan dari Lembaga Otoritas Penerbangan Sipil Afrika Selatan (SACAA), Selasa (22/3/2016).

"Beberapa langkah sudah diambil untuk evaluasi dan pengumpulan puing, yang jika berasal dari sebuah pesawat terbang, akan diserahkan kepada Pemerintah Malaysia," tambah SACAA tanpa menyebut waktu penemuan puing-puing itu.

Mossel Bay terletak 2.000 kilometer dari Vilankulo, resor wisata di Mozambik, tempat puing yang diduga berasal dari MH370 ditemukan seorang warga AS, awal bulan ini.

Kabar penemuan ini membuat seorang remaja Afrika Selatan mengungkapkan bahwa dia juga menemukan pecahan berukuran sekitar satu meter di Mozambik saat berlibur dengan keluarganya pada Desember tahun lalu.

Kedua puing yang ditemukan di Mozambik itu sudah dikirim ke Australia untuk menjalani pemeriksaan.

Tahun lalu, pecahan sayap yang telah dipastikan berasal dari MH370 ditemukan di Pulau Reunion, Samudra Hindia.

Kondisi ini sesuai dengan teori yang menyebut bahwa Malaysia Airlines MH370 jurusan Kuala Lumpur-Beijing mengubah arah terbangnya sebelum jatuh di Samudra Hindia.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com