Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama dan Keluarga Jalan Kaki Kunjungi Kota Tua Havana

Kompas.com - 21/03/2016, 06:27 WIB
HAVANA, KOMPAS.com - Hujan menyambut kedatangan Presiden Barrack Obama dan rombongan di Bandar Udara Internasional Jose Marti Havana di Havana, Minggu (20/3/2016) waktu setempat.

Air Force One dengan tulisan "Amerika Serikat" di badan pesawat pun terparkir di sana, sebuah pemandangan yang tidak pernah terjadi sebelumnya. 

Dengan menggunakan payung, Obama menginjakkan kaki di Havana dengan sambutan dari para pejabat Kuba, namun tidak Presiden Raul Castro.

Pemimpin Kuba itu sering menyambut kedatangan tokoh utama dunia di bandara, namun tidak demikian ketika Obama tiba saat ini. Raul berencana menyambut Obama pada hari Senin di Istana Revolusi.

Dari bandara, Presiden Obama langsung mendatangi para staf kedutaan besar AS di Havana. Kedubes itu baru kembali dibuka pada Agustus tahun lalu, setelah pembicaraan panjang kedia negara selama satu tahun enam bulan.

Baca: Tiba di Kuba, Obama Temui Para Staf Kedubes AS di Havana

Usai menemui para staf kedubes AS, Obama dan keluarganya lalu berjalan kaki menikmati Kota tua Havana, termasuk Katedral Havana.

Selama lebih dari 50 tahun, Kuba menjadi negara yang tak pernah dibayangkan bisa didatangi oleh para Presiden AS, apalagi warga negara AS.

AS memutus hubungan diplomatik dengan Kuba para 1961, setelah revolusi Fidel Castro memicu kekhawatiran komunisme bakal menyebar ke belahan bumi barat.

Politik domestik di kedua negara pun memberikan kontribusi terhadap keterasingan kedua negara, dan berlanjutnya perang dingin.

Kini perjalanan Obama yang menjadi puncak dari upaya Presiden Kuba Raul Castro dan Obama memulihkan hubungan antara kedua negara telah terlihat.

Telah terjadi pula perubahan cepat dalam hubungan ekonomi dan politik Kuba dan AS sejak kedua Kepala Negara menjajaki hubungan baru mulai 15 bulan lalu.

"Ini sungguh merupakan kunjungan yang bersejarah, untuk mengeratkan AS dengan warga Kuba," ungkap Obama, yang didampingi sang istri Michelle Obama dan dua putri mereka Malia and Sasha.

Lusinan anggota parlemen dan juga pemimpin dunia usaha dari AS mengikuti Obama dan tiba di Havana dengan menggunakan penerbangan yang berbeda. 

Baca: Akankah Kunjungan Obama Selesaikan Masalah AS dan Kuba?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com