Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Baru, Presiden Obama Pilih Perempuan Pimpin Pasukan Tempur AS

Kompas.com - 19/03/2016, 09:38 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Barack Obama menominasikan perempuan pertama yang bakal memegang jabatan sebagai Kepala Pasukan Tempur Amerika Serikat.

Menteri Pertahanan AS Ash Carter, Jumat (18/3/2016) waktu setempat, mengungkapkan,  pilihan Obama ini menjadi tonggak awal masukkan perempuan dalam pasukan tempur AS yang akan mulai dibuka pada tahun ini.

Perempuan yang dimaksudkan Obama itu adalah Jenderal Lori Robinson yang akan memegang jabatan Kepala Komando wilayah utara, termasuk Kepala Komando Pertahanan Udara wilayah utara.

Jika pilihan Obama ini disetujui Senat, Robinson akan menjadi komandan ketujuh yang mengepalai pusat komando yang berkedudukan Colorado itu.

Seperti diwartakan Kantor Berita Associated Press, saat ini, Robinson memegang jabatan sebagai Komandan Pacific Air Force.

Komando bagian utara dibentuk setelah serangan teroris ke AS pada 11 September 2011 silam. Tugas komandio ini adalah menjaga dan meningkatkan keamanan wilayah, serta memberikan dukungan saat terjadi bencana nasional.

Robinson akan menggantikan pejabat lama Laksamana William Gortney yang memasuki masa pensiun.

Menhan Carter juga menjelaskan, selain Robinson, Presiden Obama pun menominasikan Jenderal Vincent Brooks untuk menjadi Komandan U.S. Forces Korea.

Brooks saat ini bertugas di komando angkatan bersejata AS wilayah Pasifik.  Pemilihan Brooks pun masih menunggu persetujuan Senat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com