Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lepaskan Palmyra dari ISIS, Jet-jet Tempur Rusia Kembali ke Suriah

Kompas.com - 18/03/2016, 21:44 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com - Pesawat-pesawat tempur Rusia kembali memberikan dukungan tempur kepada Pemerintah Suriah, Jumat (18/3/2016).

Jet-jet tempur itu kembali mengarungi wilayah Suriah untuk merebut kembali kota tua Palmyra dari cengkraman kelompok radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). 

"Angkatan Udara Rusia kembali melakukan operasi besar-besaran untuk membebaskan Palmyra," kata Komandan AU Rusia Sergei Rudskoi kepada wartawan di Moskwa, seperti diberitakan Kantor Berita AFP.

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin, Senin, 14 Maret lalu mengumumkan penarikan mundur pasukan dari Suriah karena telah mencapai tujuan yang ditetapkan.

Baca: Rusia Tarik Mundur Pasukan dari Suriah

Rusia memulai serangan udara pada September untuk mendukung rezim Suriah dalam perang saudara yang kini sudah berlangsung lima tahun.

Kelompok terbang pertama pesawat Rusia telah meninggalkan pangkalannya di Suriah menuju Moskwa, sehari setelah pernyataan putin itu. 

Baca: Kloter Pertama Pesawat Rusia Telah Meninggalkan Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com