Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Mobil Meledak di Ibu Kota Turki, 34 Tewas

Kompas.com - 14/03/2016, 05:50 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Sebuah bom mobil bunuh diri berkekuatan besar meledak di sebuah lapangan yang ramai di pusat kota Ankara, Turki, Minggu (13/3/2016).

Aparat keamanan setempat mengatakan, ledakan bom itu menewaskan setidaknya 34 orang dan melukai 125 orang lainnya.

Ledakan yang terjadi di dekat sebuah halte bus di lapangan Kizilay ini merupakan serangan maut kedua di ibu kota Turki itu dalam waktu kurang dari satu bulan.

"Sebanyak 30 orang tewas di lokasi ledakan dan empat lainnya meninggal dunia di rumah sakit. 19 orang dalam kondisi kritis," kata Menteri Kesehatan Turki, Mehmet Muezzinoglu.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Efkan Ala mengatakan , ada satu atau dua pelaku di dalam mobil yang memang mengincar halte bus itu.

"Aparat keamanan sudah mendapatkan informasi penting dari investigasi," ujar Ala yang belum menuding satu kelompok pun sebagai tersangka peledakan bom.

Sejauh ini belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas insiden berdarah itu. Namun, gaya serangan ini mirip dengan ledakan bom bunuh diri bulan lalu.

Pada 17 Februari, seorang pengebom bunuh diri, juga menggunakan mobil, menghantam iring-iringan militer Turki dan menewaskan 29 orang.

Serangan lalu itu diklaim oleh salah satu faksi dari Partai Pekerja Kurdi (PKK) yang dilarang pemerintah Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com