Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berumur 112 Tahun, Warga Israel Jadi Pria Tertua di Dunia

Kompas.com - 13/03/2016, 14:38 WIB

KOMPAS.com — Guinness Book of World Records mencatat nama Yisrael Kristal (112) sebagai pria tertua di dunia saat ini. Warga Israel tersebut telah melewati dua era perang dunia dan termasuk penyintas kamp Nazi.

Saat rekor diumumkan, umurnya mencapai 112 tahun dan 178 hari. Sebelumnya, pria tertua di dunia adalah Yasutaro Koide dari Jepang, yang meninggal pada Januari 2016 dalam usia 112 tahun dan 312 hari.

Setelah menerima sertifikat Guinness Book of World Records, di Haifa, Jumat (11/3/2016), Yisrael Kristal mengatakan, dia tidak tahu apa rahasia umur panjangnya. Ia hanya meyakini bahwa semuanya ditentukan dari Yang Maha Kuasa.

"Saya percaya segala sesuatu ditentukan dari atas dan kita tidak akan pernah tahu apa alasannya," kata dia.

Yisrael Kristal lahir dekat Zarnow di Polandia pada tahun 1903. Yisrael Kristal dipisahkan dari orangtuanya yang merupakan pemuka agama selama Perang Dunia I.

Dia kemudian bekerja dalam bisnis gula-gula milik keluarga. Setelah invasi Polandia oleh Nazi Jerman pada tahun 1939, keluarga Kristal pindah ke Kota Lodz.

Yisrael Kristal dan istrinya, Chaja Feige Frucht, dikirim ke kamp konsentrasi Auschwitz pada 1944.

Istrinya dibunuh di Auschwitz. Namun, Yisrael Kristal bertahan hidup, melakukan kerja paksa di sana dan di kamp-kamp lain. Ketika ia ditemukan oleh Sekutu pada Mei 1945, beratnya hanya 37 kg.

Sebagai satu-satunya anggota di keluarganya yang selamat, Kristal beremigrasi ke Israel pada tahun 1950 dengan istri keduanya dan anaknya. Di sana, ia meneruskan bisnis gula-gula sampai pensiun.

Putrinya, Shula Kuperstoch, mengatakan, holocaust tidak pernah menggoyahkan keyakinan sang ayah.

"Dia optimistis, bijaksana, dan dia menghargai apa yang dia alami," katanya kepada Jerusalem Post.

Orang tertua yang masih hidup sekarang ini diyakini adalah perempuan Amerika Serikat, Susannah Mushatt Jones, yang pada 12 Maret 2016 berumur 115 tahun dan 250 hari.

Orang tertua yang pernah hidup adalah Jeanne Calment dari Perancis, yang meninggal pada usia 122 tahun dan 164 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com