Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terungkap, Surat-surat "Intim" Paus Yohanes II dengan Seorang Perempuan

Kompas.com - 15/02/2016, 18:54 WIB
KOMPAS.com - Ratusan surat dan foto yang memperlihatkan hubungan dekat Karol Józef Wojtyla, sejak sebelum dinobatkan sebagai Paus Yohanes Paulus II, dengan Anna-Teresa Tymieniecka, seorang perempuan yang menikah terungkap.

Dari dokumen yang diperlihatkan kepada Kantor Berita BBC dan dilansir para Senin (15/2/2016), terungkap pula,korespondensi antara Wojtyla dan filsuf Amerika Serikat kelahiran Polandia itu, telah disimpan selama 30 tahun lebih di Perpustakaan Nasional Polandia.

Namun, wujud surat-surat dan foto itu selama ini dirahasiakan dari khalayak umum. Dokumen tersebut menunjukkan sisi yang jarang terlihat dari Paus Yohanes Paulus II, yang meninggal tahun 2005 lalu.

Kendati demikian, tidak ada pertanda bahwa Paus melanggar prinsip selibat atau tidak kawin.

Hubungan keduanya berawal ketika Tymieniecka menghubungi Kardinal Wojtyla yang saat itu masih menjabat sebagai Uskup Agung Krakow, Polandia, terkait sebuah buku filsafat yang ditulis Wojtyla.

Tymieniecka kemudian terbang dari Amerika Serikat ke Polandia untuk membahas karya Wojtyla, yang menjadi Paus pada tahun 1978.

Setelah pertemuan itu, keduanya memulai korespondensi. Awalnya, surat-surat kardinal resmi, namun sejalan dengan berkembangnya perkawanan, isi surat-surat menjadi lebih intim.

Keduanya juga sepakat untuk menulis semacam versi lanjutan dari buku kardinal, the Acting Person.

Terungkap pula, bahwa keduanya bertemu beberapa kali -kadang dihadiri oleh sekretarisnya dan kadang sendirian-, sementara surat-menyurat terus berlanjut.

Pada tahun 1974, dia menulis sampai membaca ulang empat surat dari Tymieniecka dalam waktu sebulan karena 'amat bermakna dan amat personal'.

Sedang foto-foto memperlihatkan Wojtyla dalam keadaan amat santai, yang jarang terlihat khalayak umum.

Dia juga mengundang Tymieniecka untuk menemaninya berjalan kaki di kawasan pedesaan, liburan bermain ski, hingga ikut dalam perkemahan kelompok.

Beberapa foto juga memperlihatkan Tymieniecka berkunjung ke Vatikan.

Karol Józef Wojty?a, lahir di Wadowice, Polandia, 18 Mei 1920 dan meninggal di Istana Apostolik, Vatikan, 2 April 2005, pada umur 85 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com