Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Fransiskus Minta Suster dan Pastor Tak Bergosip

Kompas.com - 03/02/2016, 00:21 WIB
KOMPAS.com - Paus Fransiskus meminta para suster dan pastor untuk menahan diri dan tidak menyebar gosip.

"Jika ada dorongan untuk mengatakan sesuatu soal sesama saudara kita, untuk menyebar bom gosip, gigit lidah Anda keras-keras," kata Paus Fransiskus dalam satu acara di Vatican City.

Paus dari Argentina ini juga memperingatkan kepada semua pejabat gereja untuk senantiasa menjaga ajaran agama sebaik-baiknya.

Meski pengikut Kristen menurun, Paus meminta agar semua pihak berhati-hati ketika mengeluarkan seruan untuk bergabung dengan gereja.

Ia menyebut beberapa kongregasi "bereksperimen dengan inseminasi buatan dan mengajak semua orang untuk masuk".

"Setelah masuk kemudian ada masalah," kata Paus Fransiskus.

"Kita harus serius terkait orang-orang yang kita ambil," katanya seraya menambahkan bahwa para pengikut baru harus membantu agama untuk tumbuh dan berkembang.

Gereja Katolik Roma menghadapi skandal seks yang dilakukan pastor, tindakan yang menodai institusi agama ini di seluruh dunia, yang antara lain berdampak dengan menurunnya pengikut Katolik, terutama di negara-negara Barat.

Menurut kantor berita AFP, jumlah pastor di negara-negara maju turun tajam, meski secara global masih memiliki sekitar 693.000 suster dan 415.000 pastor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com