Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Ditangkap Lagi, "El Chapo" Sempat Diwawancarai Aktor Sean Penn

Kompas.com - 10/01/2016, 12:47 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com - Aktor AS Sean Penn diketahui pernah mewawancarai Joaquin "El Chapo" Guzman, tiga bulan sebelum bos kartel narkoba itu kembali ditangkap pekan ini.

Demikian disampaikan majalah Rolling Stone, Sabtu (9/1/2015), tentang sebuah pertemuan yang membantu pemerintah melacak jejak sang buronan.

Majalah musik terbitan AS itu juga mempublikasikan sebuah foto yang menampilkan Sean Penn yang mengenakan kaus berwarna hitam bersalaman dengan pemimpin kartel obat bius Sinaloa.

Pertemuan antara Sean Penn dan Joaquin Guzman itu, menurut Rolling Stone, terjadi pada 2 Oktober 2015.

Dalam artikel itu, Penn menulis bahwa Guzman (58) memberinya pelukan hangat saat mereka bertemu di sebuah hutan.

Mereka berbincang-bincang selama tujuh jam sebelum melakukan wawancara telepon dan video.

"Saya memasok lebih banyak heroin, metamfetamin, kokain dan mariyuana dibanding orang lain di dunia ini," kata Guzman kepada Penn dalam sebuah pengakuan luar biasa terkait kejahatannya.

"Saya memiliki armada kapal selam, pesawat terbang, truk dan kapal," kata Guzman sambil menyesap minuman keras Tequilla.

"Sayangnya di tempat saya hidup, tak pernah dan tidak akan ada cara lain untuk bertahan hidup," ujar Guzman yang pertemuannya dengan Penn diatur aktris Meksiko, Kate del Castillo.

Seorang pejabat federal Meksiko mengatakan kepada AFP bahwa pemerintah negeri itu mengetahui pertemuan antara Penn dan Guzman.

Dia menambahkan, pertemuan itulah yang membuat pemerintah berhasil melacak jejak Guzman hingga kembali menangkapnya pada Jumat (8/1/2016) di negara bagian Sinaloa.

Jaksa Agung Meksiko, Arely Gomez pada Jumat itu mengatakan, Guzman bertemu dengan seorang aktor dan produser untuk membuat biopik tentang dirinya.

Wawancara antara Penn dan Guzman langsung dipublikasikan Rolling Stone sehari setelah pemerintah Meksiko mengumumkan telah menangkap kembali Guzman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com