Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Mengharukan Kondektur Jepang Sebelum Keretanya Dikirim ke Jakarta

Kompas.com - 16/12/2015, 14:55 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Kondektur kereta listrik Jepang menyampaikan pesan mengharukan kepada penumpang sebelum kereta tersebut dikirimkan ke Indonesia.

Pesan dari kondektur kereta seri 205 yang dikirim itu menyebar via media sosial Twitter.

Berikut isi pesan tersebut.

"Kereta yang Anda tumpangi sekarang ini akan berhenti beroperasi di jalur Nambu. Namun, kereta ini akan terus beroperasi di Jakarta, Indonesia. Kita sebentar lagi akan tiba di stasiun terakhir Musashi-Nakahara. Pastikan barang Anda tidak ketinggalan sebelum Anda keluar. Kami berharap Anda membawa pulang bersama semua kenangan indah beperjalanan dengan kereta ini."

Sementara itu, pihak perusahaan kereta listrik Jepang, JR East, membenarkan pengumuman yang disampaikan sang kondektur itu.

"Benar bahwa salah satu kondektur kami membuat pengumuman seperti ini pada 6 Desember, hari terakhir layanan kereta. Pidatonya tidak hanya untuk mengucapkan terima kasih kepada kereta ini, tetapi juga kepada penumpang yang sudah menggunakan kereta seri 205 selama bertahun-tahun. Kami sangat senang menerima respons yang hangat atas pesan kondektur tersebut."

Seperti diketahui, pada 6 Desember lalu, kereta seri 205-0 yang terakhir ditarik ke Stasiun Musashi-Nakahara melalui jalur Nambu untuk dikirim ke Jakarta.

Pada April lalu, JR East mengumumkan akan mengirim 120 unit kereta listrik seri 205 dari jalur Nambu yang menghubungkan Tokyo-Kawasaki. Kereta tersebut akan dikirim ke Jakarta.

Kereta terakhir dari 120 unit itu mengakhiri operasinya di Jepang pada 6 Desember lalu.

Kendati demikian, Jepang masih memiliki satu kereta lagi dengan seri yang sama dan tetap beroperasi di jalur Nambu hingga 9 Januari 2016.

Jakarta sudah menggunakan kereta listrik bekas dari Jepang sejak tahun 2000, ketika Toei Mita Line menyumbangkan satu kereta yang dinonaktifkan ke ibu kota Indonesia.

PT Kereta Commuter Jaobdetabek telah membeli 500 kereta api bekas dengan seri 205 dari perusahaan kereta Jepang.

Selain memasok kereta, perusahaan Jepang juga mengirimkan tim teknisi perawatan dan tim dukungan operasional serta manajemen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com