Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet-jet Tempur Perancis Kembali Mengebom Basis ISIS di Raqqa

Kompas.com - 17/11/2015, 15:09 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Pesawat tempur Perancis melancarkan serangan baru ke basis utama Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Raqqa, Suriah utara.

Serangan kali ini menghancurkan sebuah pusat komando dan pusat pelatihan. Demikian menurut Kementerian Pertahanan Perancis seperti dilaporkan AFP.

Kementerian Pertahanan menyatakan, "Untuk kali kedua dalam 24 jam, militer Perancis melancarkan serangan udara terhadap Daesh (ISIS) di Raqqa di Suriah."

Presiden Francois Hollande telah bersumpah untuk memukul balik ISIS tanpa ampun menyusul serangan teror di Paris yang merupakan peristiwa paling berdarah di wilayah ini.

Sepuluh pesawat Rafale dan Mirage 2000 melancarkan pengeboman pada Senin dini hari atau Selasa sekitar pukul 07.30 WIB dengan menjatuhkan 16 bom.

"Kedua sasaran terhantam dan hancur secara simultan. Dilakukan atas koordinasi dengan pasukan AS, serangan itu ditujukan ke situs-situs yang telah diidentifikasi selama misi pengawasan sebelumnya yang dilakukan oleh Perancis," demikian isi pernyataan itu.

Perancis melancarkan berbagai serangan udara ke wilayah ISIS di Suriah sejak September. Serangan ditingkatkan sejak teror terjadi di Paris, Jumat.

Sebelumnya, 10 pesawat tempur Perancis menjatuhkan 20 bom ke Raqqa, Minggu.

Amerika Serikat dan Perancis juga telah memutuskan untuk meningkatkan pertukaran intelijen mereka mengenai target-target potensial.

Perancis berusaha semakin mengintensifkan operasinya melawan ISIS di Suriah melalui informasi yang didapat dan menurunkan kapal induk Charles de Gaulle yang akan meningkatkan kapasitas serangannya menjadi tiga kali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com