Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Bumi Berkekuatan 6,9 SR Guncang Cile

Kompas.com - 11/11/2015, 10:14 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com — Gempa bumi berkekuatan 6,9 skala Richter (SR) terjadi di lepas pantai Cile tengah pada Selasa (10/11/2015) malam waktu setempat. Namun, sejauh ini belum ada peringatan tentang kemungkinan terjadinya tsunami.

Episentrum gempa berada di dekat pantai, sekitar 93 kilometer di barat laut Coquimbo, kata pihak US Geological Survey (USGS). Lembaga itu awalnya mengeluarkan kekuatan gempa sebesar 6,6 SR.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik (Pacific Tsunami Warning Center) mengatakan tidak ada ancaman tsunami yang menyusul gempa yang terjadi pada pukul 20.54 waktu setempat (atau Rabu pukul 08.54 WIB) di kedalaman 10 kilometer itu.

Cile tidak asing dengan gempa bumi.

September lalu, daerah yang sama di negara itu diguncang gempa berkekuatan 8,3 SR dan tsunami yang menewaskan 15 orang serta membuat lebih dari 16.000 jiwa kehilangan tempat tinggal.

Pada Februari 2010, sebuah gempa bumi berkekuatan 8,8 SR di lepas pantai di Cile selatan menewaskan lebih dari 500 orang dan menimbulkan kerugian sekitar 30 miliar dollar AS.

Cile terletak di jalur yang dikenal sebagai "Ring of Fire", busur garis patahan yang mengelilingi Cekungan Pasifik dan rawan gempa bumi serta letusan gunung berapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com