Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Pakistan Tewas Dibakar Mantan Pacar karena Tolak Lamaran Pernikahan

Kompas.com - 06/11/2015, 09:31 WIB
KOMPAS.com — Seorang perempuan muda Pakistan, Sonia Bibi, meninggal pada Selasa (3/11/2015) lalu setelah mantan kekasihnya membakar dia hidup-hidup hanya karena menolak lamaran pernikahan pria itu.

Sonia (20 tahun) dirawat di rumah sakit bulan lalu. Di sana, dia mengatakan kepada polisi bahwa mantan kekasihnya telah menyiramnya dengan bensin dan membakar dirinya setelah dia menolak lamaran pernikahan pria itu.

Staf medis awalnya mengatakan dia akan pulih, tetapi seorang dokter di Rumah Sakit Nishtar Multan mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa luka Bibi telah terinfeksi dan dia telah meninggal pada Selasa pagi.

Sekitar 45 hingga 50 persen tubuhnya menderita luka bakar akibat serangan itu, kata dokter Naheed Chaudhry, kepala departemen luka bakar di rumah sakit itu, kepada AFP.

Peristiwa tersebut terjadi di sebuah desa terpencil di distrik Multan di Provinsi Punjab. Polisi telah menangkap seorang tersangka berusia 24 tahun.

Sonia mengatakan kepada polisi bahwa dia telah putus dengan kekasihnya itu dan penyelidikan awal menunjukkan pria itu membakar Bibi "setelah perempuan tersebut menolak untuk menikah dengannya".

Setiap tahun, ratusan perempuan dibunuh di Pakistan dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga atau atas dasar membela "kehormatan" keluarga.

Aurat Foundation, sebuah kelompok kampanye yang bekerja untuk memperbaiki kehidupan perempuan dalam masyarakat konservatif dan patriarkal Pakistan, mengatakan, lebih dari 3.000 perempuan telah tewas dalam serangan semacam itu sejak tahun 2008.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com