Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Pari Warna "Pink" Terekam di Great Barrier Reef, Australia

Kompas.com - 05/11/2015, 15:39 WIB
KOMPAS.com — Seekor ikan pari berwarna pink (merah jambu) terekam kamera di dekat perairan Bundaberg, Great Barrier Reef, disebut-sebut sebagai yang pertama terlihat di Australia.

Seorang pelatih renang bernama Ryan Jeffery beberapa waktu lalu sedang melatih renang di dekat Pulau Lady Elliot Island saat melihat ikan pari tersebut.

"Saya melihat ikan yang tampak aneh ini. Namun, ikan ini tampak akrab dan berada di dekat saya sekitar setengah jam lamanya," kata Ryan.

"Saat itu, ada juga ikan pari lainnya dan langsung kelihatan perbedaan warna tubuh ikan ini," ujarnya.

Ryan kemudian mengambil foto dan video ikan ini. "Saya sudah sering berenang di sini dan tidak pernah melihat ikan pari sama sekali," katanya.

"Saya kemudian kembali ke lokasi yang sama dan berharap bisa melihat ikan pari tersebut, tetapi ikan itu tidak pernah muncul lagi," ujarnya.

Seorang pakar ikan pari, dr Kathy Townsend, menjelaskan, adanya warna pada ikan pari itu cukup mengherankan.

"Ikan pari ini jenis jantan dewasa dan jelas memiliki warna pink di bagian tubuh yang seharusnya berwana putih," kata Townsend.

Menurut dia, ada sejumlah kemungkinan yang bisa menjelaskan hal ini.

"Biasanya, ikan pari atau ikan hiu kalau lagi stres akan berubah warna tubuhnya. Namun, menurut Ryan, saat itu ikan pari ini tampak santai dan bahkan akrab," katanya.

Karena itu, kata Townsend, kemungkinan warna pink bukan karena ikan itu mengalami stres.

Menurut Townsend, seorang rekannya pernah melihat ikan pari warna pink di perairan Mozambique, Afrika, dan diketahui bahwa ikan itu sedang mengalami infeksi kulit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com