Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Tentara Rusia Bunuh Diri di Pangkalan Udara Suriah

Kompas.com - 28/10/2015, 18:23 WIB
GRECHANAYA BALKA, KOMPAS.com - Seorang tentara Rusia di Suriah meninggal diduga bunuh diri karena terlibat masalah dengan pacarnya. Prajurit itu bernama Vadim Kostenko (19), tentara pertama Rusia yang meninggal sejak Moskwa melancarkan serangan terhadap pemberontak di Suriah.

Kementerian Pertahanan Rusia membenarkan salah satu tentaranya meninggal karena bunuh diri. Vadim adalah teknisi di pangkalan udara Hmeimim di Provinsi Latakia, Suriah.

Juru bicara jaksa militer utama pada Selasa (26/2015) kemarin menyatakan, hasil otopsi pertama menunjukkan bahwa penyebab kematian Vadim adalah bunuh diri dengan gantung diri saat istirahat dari tugas karena masalah pribadi di luar kerja kemiliteran.

Namun keluarga tidak percaya kematian Vadim akibat bunuh diri. Hal itu diungkapkan adik Vadim, Yekaterina Kostenko (14) yang menjadi juru bicara keluarga.

"Jenazahnya tiba tadi malam. Kami melihat hidung dan rahangnya patah, ada tanda-tanda di lehernya," kata gadis bermata biru dan berambut cokelat panjang itu kepada AFP.

"Ini bukan bunuh diri," lanjut Yekaterina.

Pada 30 September lalu, Rusia melancarkan serangan bom di Suriah yang diarahkan pada militan ISIS.

Pesawat tempur Rusia melancarkan serangan mendadak dari pangkalan udara Hmeimim dan prajurit Rusia ditempatkan di sana untuk membantu memperbaiki pesawat selain tugas-tugas lainnya.

Rusia mengatakan, pasukan darat tidak mengambil bagian dalam operasi tempur di Suriah dan tidak ada laporan resmi tentang adanya prajurit yang tewas karena bertempur di negara yang dilnda perang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com