Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Minta Maaf Terkait Berbagai Skandal

Kompas.com - 15/10/2015, 10:15 WIB
KOMPAS.com — Paus Fransiskus menyampaikan permintaan maaf terbuka yang mengejutkan terkait sejumlah skandal yang terjadi, "baik di Roma maupun di Vatikan".

Dia meminta maaf pada pertemuan umum mingguan di Lapangan Santo Petrus, tetapi Paus tidak merinci skandal yang dimaksud.

Pemimpin gereja Katolik tersebut diperkirakan mengacu kepada skandal pastor senior Polandia yang diberhentikan dari jabatannya setelah mengumumkan dirinya memiliki hubungan homoseksual.

Juru bicara Paus mengatakan, Paus Fransiskus tidak mengacu kepada pengunduran diri Wali Kota Roma baru-baru ini.

Federico Lombardi mengakui kepada para wartawan bahwa permintaan maaf Paus bersifat "umum", tetapi tidak mengacu kepada kejadian "politik" yang melibatkan Wali Kota Ignazio Marino, yang mengundurkan diri pada permulaan minggu terkait skandal pendanaan.

Pastor Lombardi mengatakan, Paus mengacu kepada berbagai skandal yang melibatkan "tanggung jawab pejabat Gereja".

Di depan ribuan orang yang berkumpul pada pidato mingguannya, Paus Fransiskus mengatakan, "Sebelum saya memulai Katekese, atas nama Gereja, saya ingin meminta permintaan maaf Anda atas berbagai skandal yang terjadi akhir-akhir ini, baik di Roma maupun di Vatikan. Saya memohon permintaan maaf Anda."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com