Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Suriah Yakin Koalisi dengan Rusia-Iran Cegah Kerusakan di Timur Tengah

Kompas.com - 05/10/2015, 05:33 WIB

KOMPAS.com — Presiden Suriah Bashar al-Assad menggambarkan campur tangan Rusia dalam perang saudara di Suriah sebagai langkah penting untuk keamanan seluruh kawasan Timur Tengah.

Pemimpin Suriah ini mengatakan, aksi militer koalisi pimpinan Amerika Serikat terhadap kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS gagal mencegah penyebaran terorisme.

Ia menegaskan hanya koalisi Suriah, Rusia, Iran dan Irak yang bisa mencegah kerusakan di kawasan.

"Koalisi ini harus berhasil. Jika tidak, kita akan menyaksikan kehancuran seluruh kawasan. Kami yakin koalisi ini akan berhasil," kata Presiden Suriah Bashar Al-Assad dalam wawancara dengan televisi Iran yang disiarkan pada Minggu (04/10/2015).

Menurut dia, keempat negara itu bersatu-padu mengatasi terorisme. Sehingga pada akhirnya akan mencapai "hasil praktis", tidak seperti koalisi pimpinan Amerika Serikat.

Ketika Presiden Bashar al-Assad menyampaikan hal tersebut, Rusia terus melancarkan serangan udara di Suriah.

Disebutkan bahwa Rusia menyerang posisi-posisi ISIS, namun para pegiat mengatakan fokus sasaran adalah kelompok-kelompok yang menentang Presiden Assad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com