Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Kerangka Tentara Napoleon Bonaparte Ditemukan

Kompas.com - 18/09/2015, 18:19 WIB
JERMAN, KOMPAS.com — Sekitar 200 kerangka tentara Perancis dari masa Kaisar Napoleon Bonaparte ditemukan di sebuah lokasi pekerjaan bangunan di Frankfurt, Jerman.

Olaf Cunitz, kepala badan perencanaan kota, mengatakan, kerangka itu merupakan kerangka para tentara Napoleon yang mundur dari perang di Rusia tahun 1813.

Ditambahkan, mereka kemungkinan mati karena luka dalam perang atau menderita tifus.

Kerangka itu ditemukan di kawasan Roedelheim di sebelah barat Frankfurt.

Sementara itu, Andrea Hampel, pejabat monumen bersejarah Frankfurt, mengatakan, tampaknya kuburan massal tersebut digali secara tergesa-gesa dalam "keadaan darurat".

Para korban dimakamkan dalam peti mati dengan posisi utara-selatan, bukan arah timur-barat seperti yang biasanya sehingga memperlihatkan terburu-buru.

Lebih dari 30 kerangka sudah digali dan diperlukan waktu sekitar empat sampai enam minggu untuk menggali kerangka lainnya.

Sebanyak 600.000 tentara Napoleon menduduki Rusia pada Juni 1812 dan menguasai Moskwa pada bulan September, tetapi kemudian mereka menderita kekalahan dan terpaksa mundur.

Hanya sekitar 90.000 pasukan yang berhasil kembali ke Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com