Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Turki: Wilayah Larang Terbang di Suriah Diperlukan

Kompas.com - 12/08/2015, 09:27 WIB

KOMPAS.com - Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, mengatakan kepada BBC bahwa negaranya akan kembali mendesak diterapkannya wilayah larang terbang di atas Suriah utara untuk melindungi warga sipil yang melarikan diri dari kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS dan pasukan pemerintah Suriah.

Davutoglu mengatakan dia akan bekerja sama dengan Amerika Serikat untuk menciptakan "daerah aman" bagi pengungsi konflik Suriah.

Davutoglu tidak mengesampingkan pengiriman pasukan Turki untuk melindungi daerah itu.

Turki adalah tempat tinggal pengungsi Turki yang terbanyak dibandingkan negara lain. Lebih 1,8 juta orang menurut data terakhir PBB.

Dalam sebuah wawancara dengan wartawan BBC, Jeremy Bowen, Davutoglu meminta masyarakat dunia untuk lebih membantu menyelesaikan konflik yang telah berlangsung selama empat tahun di Suriah.

Dia menyangkal Turki membantu ISIS dan kelompok ekstremis lainnya.

PM Turki mengecam lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB karena gagal mengambil "keputusan kuat" untuk menghentikan kekejaman di Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com