Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjual Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Singapura

Kompas.com - 05/08/2015, 15:33 WIB
KOMPAS.com - Singapura tengah merayakan peringatan 50 tahun kemerdekaannya dan ke manapun Anda melihat, ada poster, spanduk, iklan bus, dan kotak pos yang menandai peristiwa tersebut.

Akronim SG50 adalah merk resmi yang dibuat pemerintah menyambut perayaan tersebut.

Ini adalah upaya terbesar dan termahal negara tersebut dalam menghidupkan semangat kebangsaan.

Puncak perayaan kemerdekaan Singapura akan berlangsung pada 9 Agustus, yang lazim disebut Hari Nasional.

Pertunjukan spektakuler senilai 15 juta dollar AS (setara Rp 202,8 miliar) akan berlangsung di Lapangan Padang di tengah kota dan di platform yang mengarah ke perairan, tempat 150 ribu orang diperkirakan akan datang memenuhi panggung tersebut dan mengikuti perayaan dari tengah kota.

Sekitar 12.000 peserta dan kru,  termasuk 20 jet tempur, akan membentuk angka 50 di angkasa.

Perusahaan swasta juga turut serta, ingin ikut memeriahkan peringatan yang membawa sentimen positif ini.

Honav Singapore adalah satu perusahaan kecil tersebut. Mereka memproduksi sekitar 300 ribu tato sementara bertema bendera, selain juga lebih dari satu juta bendera kecil Singapura, penghapus, dan permainan untuk 'paket meriah' Hari Nasional.

Sekitar 1,5 juta paket ini akan diberikan secara gratis ke rumah-rumah dan penonton latihan parade hari kemerdekaan pada beberapa minggu terakhir. Paket ini diperkirakan memakan anggaran 7 juta dollar meski sebagian ongkos berasal dari sponsor seperti Honav Singapore.

Menurut direktur perwakilan, Marilyn Lai, peringatan ini adalah kesempatan bagi perusahaannya untuk dikenal masyarakat dan diasosiasikan dengan 'peristiwa sekali seumur hidup yang akan dikenang'.

Pesawat, mobil, wiski SG50

Branding peringatan ini juga muncul di pesawat-pesawat A380 Singapore Airlines. Dua dari pesawat-pesawat tersebut sudah terbang keliling dunia sejak bulan Juli, warna merah putih bendera Singapura terlihat dengan SG50 ada di bagian turbocharger.

Singapore Airlines, maskapai pertama yang menerbangkan A380 saat debut pada 2007, mengatakan bahwa salah satu pesawat dengan desain bendera ini akan terbang melintas saat parade pada hari perayaan.

Menurut maskapai tersebut, pertumbuhan mereka sangat terkait dengan pertumbuhan Singapura, sehingga pesawat dengan desain khusus ini adalah 'cara unik membantu merayakan ulang tahun ke-50 Singapura'.

Supermarket pun turut serta dalam keriuhan nasionalisme ini. Mereka menjual 50 gram ekstra bacon dan bakso ikan dengan potongan berbentuk 50 untuk mi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com