Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Akan Selalu Dukung Mesir meski Terjadi Ketegangan Hak Asasi Manusia

Kompas.com - 03/08/2015, 04:06 WIB

KOMPAS.com- Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry berjanji Washington akan terus mendukung Mesir meskipun terjadi ketegangan mengenai hak asasi manusia.

Hal itu disampaikan John Kerry ketika menghadiri dialog strategis antara Mesir dan Amerika Serikat di Kairo selama dua hari yang berakhir Minggu (02/08/2015).

Ditambahkannya, hubungan kedua negara mulai pulih ke tingkat yang kuat. Kendati demikian, Washington akan tetap menekan Kairo terkait penangkapan pembangkang, wartawan dan sidang massal.

''Terang saja, ada sedikit ketegangan terkait isu-isu tertentu," katanya dalam jumpa pers bersama dengan Menteri Luar Mesir, Sameh Shoukry.

Hubungan antara Amerika Serikat dan Mesir tegang sejak militer melengserkan presiden pertama yang dipilih secara demokratis, Mohammad Morsi.

Dialog kedua negara terakhir kali digelar pada 2009 dan tidak dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya karena peristiwa pergolakan Timur Tengah dan kekacauan di dalam negeri Mesir.

Dalam perundingan dengan Presiden Abdel-Fattah al-Sisi di Kairo, Kerry berusaha menjawab berbagai kekhawatiran mengenai kesepakatan nuklir yang diteken dengan Iran baru-baru ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com