Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Populasi India Akan Lampaui China

Kompas.com - 31/07/2015, 10:40 WIB
KOMPAS.com — Sebuah penelitian baru dari Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai tren populasi dunia memprediksi bahwa India akan melampaui China sebagai negara dengan penduduk terbanyak pada tahun 2022.

Laporan itu juga mengatakan bahwa Nigeria akan menggantikan Amerika Serikat sebagai negara terpadat ketiga di dunia pada sekitar tahun 2050.

Selain itu, lebih dari setengah dari pertumbuhan penduduk dunia selama 35 tahun ke depan diperkirakan akan terjadi di Afrika.

"Pertumbuhan penduduk di negara-negara termiskin memiliki tantangannya tersendiri sehingga lebih sulit untuk memberantas kemiskinan dan ketidaksetaraan, memerangi kelaparan dan kekurangan gizi," kata John Wilmoth, Direktur Divisi Populasi PBB.

Populasi 28 negara Afrika diprediksi akan meningkat lebih dari dua kali lipat.

Lebih lanjut, populasi dunia saat ini berkisar sekitar 7,3 miliar dan jumlah ini diperkirakan akan mencapai 9,7 miliar pada tahun 2050 dan 11,2 miliar pada tahun 2100, ungkap laporan tersebut.

Laporan PBB itu menunjukkan, India kemungkinan akan mengungguli jumlah penduduk China enam tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

Indonesia juga diperkirakan akan merupakan negeri yang paling pesat pertumbuhan penduduknya.

Setengah dari pertumbuhan penduduk dunia antara tahun 2015 dan 2050 diperkirakan akan terpusat di sembilan negara, yakni India, Nigeria, Pakistan, Kongo, Etiopia, Tanzania, Amerika Serikat, Indonesia, dan Uganda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com