Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan: Tidak Mungkin Berdamai dengan Kurdi

Kompas.com - 29/07/2015, 04:31 WIB

KOMPAS.com - Presiden Turki, Recep Tayip Erdogan, mengatakan negaranya tidak bisa melanjutkan proses perdamaian dengan kelompok pemberontak Kurdi, sementara terjadi serangan milisi Kurdi terhadap sasaran Turki.

Pernyataan ini dikeluarkan saat NATO membicarakan aksi Turki terhadap kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS dan milisi Kurdi.

Turki menjadi sasaran sejumlah serangan, termasuk aksi milisi terkait ISIS yang menewaskan 32 orang di kota Suruc, yang mayoritas penduduknya adalah warga Kurdi pada tanggal 20 Juli.

Turki mendukung rencana diciptakannya daerah penyangga pada perbatasan dengan Suriah.

Selain menjadikan milisi ISIS sebagai sasaran, pembentukan daerah penyangga ini juga akan memungkinkan Turki menyerang posisi yang dikuasai kelompok Kurdi yang dilarang, PKK.

Turki menyatakan pihaknya tidak membedakan PKK dengan ISIS karena keduanya adalah organisasi teroris.

Dalam seminggu ini, para pengamat mengatakan Turki telah mengubah pandangannya terkait aksi koalisi pimpinan Amerika Serikat terhadap ISIS.

Sebelumnya Turki enggan bertindak, tetapi sekarang negara itu melancarkan serangan udara dan mengizinkan pangkalan udaranya digunakan pesawat tempur Amerika Serikat.

Ketegangan meningkat di sepanjang perbatasan wilayah Turki selatan yang berbatasan dengan Suriah dan Irak. Di wilayah selatan itu konflik PKK dengan pasukan pemerintah Turki telah menewaskan 40.000 orang sejak tahun 1984.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com