Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plat Nomor 'Bermakna Nazi' Dilarang di Austria

Kompas.com - 24/07/2015, 03:28 WIB

KOMPAS.com - Austria mengambil tindakan memberantas pemilihan nomor plat mobil tertentu yang digunakan para pengikut neo-Nazi dengan kode-kode tertentu untuk melambangkan kelompok ekstrim kanan.

Kombinasi huruf HJ atau NS -yang merujuk pada Hitler Youth atau Hitler Muda serta National Socialism- kini termasuk dalam nomor plat yang dilarang untuk dipilih.

Kementerian Perhubungan Austria sudah menerbitkan daftar larangan dari 30 kode dan angka, yang tidak semuanya terkait dengan neo-Nazi.

Nomor 88 juga termasuk yang dilarang karena mencerminkan 'Heil Hitler'.

Undang-undang yang mulai berlaku Kamis 23 Juli itu juga melarang penggunaan IS dan ISIS dalam plat nomor pilihan untuk menghentikan warga memperlihatkan dukungannya kepada kelompok militan Islam tersebut.

Plat nomor untuk kenderaan di Austria biasanya diberikan secara otomatis namun orang juga bisa memilih yang diinginkannya dengan membayar.

"Sudah dilarang untuk memiliki nomor plat Nazi yang jelas, sejak pembayaran untuk pemilihan nomor dimulai tahun 1989. Namun kami mengamati kelompok ekstrim kanan bergerak dari yang jelas menjadi yang lebih terselubung," seperti dijelaskan juru bicara Kementerian Perhubungan kepada BBC.

Bagaimana pun hanya nomor plat yang baru saja yang terkena larangan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com