Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eurozone Beri Waktu Yunani untuk Ajukan Usulan Baru hingga Kamis

Kompas.com - 08/07/2015, 06:56 WIB

KOMPAS.com - Eurozone memberikan waktu kepada Yunani sampai hari Kamis (9/7/2015) untuk mengajukan usulan baru agar bisa dicapai kesepakatan dengan para kreditor. Sementara, KTT Uni Eropa akan diadakan pada hari Minggu (12 Juli).

Langkah ini diambil setelah diadakannya KTT darurat pemimpin eurozone di Brussels, Belgia.

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk mengatakan, ini adalah "saat sangat genting dalam sejarah eurozone".

Tusk mengatakan, kebangkrutan Yunani dan keruntuhan sistem perbankan Yunani akan mempengaruhi seluruh Eropa. Menurut dia, siapapun yang tidak berpikir seperti itu adalah seorang naif.

Sebelumnya Menteri Keuangan baru Yunani, Euclid Tsakalotos, dilaporkan tidak menyampaikan usulan baru guna memastikan kesepakatan keuangan dengan kreditor internasional.

Pertemuan dibubarkan, dan para menteri keuangan, sebagian memperlihatkan frustrasinya, kembali ke negaranya masing-masing.

Pertemuan di Brussels diadakan setelah rakyat Yunani menolak tawaran terbaru pengutang negara itu bagi paket penyelamatan lanjutan dengan imbalan penerapan reformasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com