Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jetstar Tunda Penerbangan ke Bali akibat Abu Vulkanik Gunung Raung

Kompas.com - 03/07/2015, 09:58 WIB
KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Australia, Jetstar, menunda jadwal penerbangan dari berbagai kota di Australia ke Bali akibat semburan abu vulkanik dari Gunung Raung di Jawa Timur, yang dikhawatirkan mengganggu arus penerbangan di Bandara Ngurah Rai Denpasar.

Penerbangan Jetstar pulang-pergi dari Kota Cairns, Perth, Melbourne dan Sydney, serta penerbangan satu arah dari dan ke Singapura, Adelaide dan Darwin semuanya terkena dampak.

Dalam pernyataan resminya, pihak Jetstar menjelaskan semua penumpang yang penerbangannya ditunda atau dijadwalkan ulang akan mendapat pemberitahuan.

Dijelaskan, salah satu penerbangan Jeststar tujuan Denpasar pada Kamis (2/7/2015) malam terpaksa harus kembali setelah tiga jam terbang.

Seorang petugas Jetstar menjelaskan Maskapai Qantas tidak memiliki jalur langsung ke Bali melainkan ke Jakarta terlebih dahulu sehingga sejauh ini tidak terpengaruh.

Sementara itu Jackson Browne dari Pusat Pengamatan Abu Vulkanik di Darwin mengatakan Gunung Raung terpantau mengeluarkan abu sekitar Pukul 6:30 waktu Darwin.

"Tipe letusannya disebut sebagai strombolian yang tidak mengeluarkan banyak semburan," jelas Browne.

"Bahkan semburan abunya demikian tipis sehingga tidak bisa teridentifikasi oleh satelit," tambahnya.

Posisi Gunung Raung sekitar 150 km dari Denpasar dan debu vulkanik bisa tertiup ke arah jalur penerbangan tersebut.

Salah seorang penumpang yang terdampak, Pauline Devalte, menyatakan ia khawatir karena temannya telah menunggu di Bali. Pasalnya, semua hotel dan tiket telah dibooking.

Manager Operasi Bandara Darwin Jim Parish kepada ABC mengatakan semua calon penumpang tetap saja perlu ke bendara sampai mendapatkan pemberitahuan lebih lanjut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com