Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video: Prajurit Kurdi Lolos dari Maut Setelah Injak Ranjau ISIS

Kompas.com - 30/06/2015, 19:38 WIB
BAGHDAD, KOMPAS.com - Sebuah rekaman video luar biasa memperlihatkan seorang anggota pasukan Peshmerga Kurdi menginjak ranjau buatan pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) hingga meledak namun lolos dari maut.

Video itu menampilkan sejumlah anggota pasukan Peshmerga yang tengah bertempur melawan ISIS di dekat basis terkuatnya di Irak yaitu Mosul. Saat itulah seorang prajurit Peshmerga tak sengaja menginjak ranjau yang dipasang ISIS hingga meledak.

Meski mengalami luka cukup parah di kakinya, prajurit Kurdi bernama Hajar  ini mampu berdiri dan berjalan menjauh dari tempat meledaknya ranjau.  Dia bahkan meminta rekannya untuk menyerahkan senapan miliknya dan langsung berlari kembali ke garis depan untuk melanjutkan pertempuran.

Orang yang merekam peristiwa itu bahkan terdengar meminta Hajar untuk duduk sementara dia berteriak meminta bantuan tim medis. Beberapa saat kemudian, Hajar nampaknya menyadari luka yang dideritanya cukup parah.

Dia kemudian terdengar meminta maaf kepada rekan-rekannya jika nantinya dia tewas di medan pertempuran dan terdengar meneriakkan semboyan-semboyan kebesaran Kurdi.

Video ini belum lama diunggah ke situs LiveLeak dan pengunggah video mengklaim bahwa Hajar lolos dari maut meski telah menginjak ranjau. Namun, tak diperoleh informasi apakah Hajar kehilangan kaki atau tidak akibat ledakan itu.

Video itu diyakini diambil pada saat kota Mosul direbut ISIS tahun lalu, ketika serangan kilat kelompok itu membuat pasukan Irak kocar kacir sehingga memilih mundur atau bergabung dengan ISIS.

Pasukan Peshmerga yang ikut bertugas di kawasan itu ditinggal begitu saja dan perlahan-lahan terpaksa mundur ketika ISIS terus maju mencaplok wilayah Irak. Pasukan Peshmerga adalah sayap militer wilayah otonomi Kurdi di wilayah utara Irak. Di wilayah Suriah, milisi Kurdi dikenal dengan nama YPG.

Videonya bisa Anda saksikan di sini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com