Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemakaman Mewah untuk Kucing yang Jadi Kepala Stasiun KA di Jepang

Kompas.com - 30/06/2015, 04:30 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Pemakaman mewah digelar untuk Tama, seekor kucing yang menjadi bintang dunia karena diangkat sebagai kepala sebuah stasiun kereta api di Jepang barat.

Tama, yang dijadikan pejabat kereta api pada delapan tahun lalu, dianggap berjasa menjadikan keuangan perusahaan kereta kembali sehat karena mendatangkan ribuan wisatawan.

Topi dan jaket yang khusus dibuat untuknya membuat Tama menjadi bagian dari Stasiun Kishi. Kucing berumur 16 tahun tersebut mati karena gagal jantung pada 22 Juni lalu.

Puluhan pejabat perusahaan kereta api dan ribuan penggemarnya hadir di pemakaman gaya Shinto untuk Tama pada Minggu (28/6/2015). Dalam pemakaman itu, Tama juga diangkat statusnya menjadi dewi.

Agama Shinto yang dianut sebagian besar warga Jepang memiliki sejumlah dewa, termasuk dewa dan dewi berwujud binatang.

Saat upacara pemakaman berlangsung, para pejabat mengucapkan terima kasih kepada kucing bintang tersebut karena menyelamatkan stasiun dengan menarik perhatian wisatawan dunia.

Seperti dilaporkan kantor berita AP, Pimpinan Wakayama Electric Railway, Mitsunobu Kojima, juga memberikan gelar khusus untuk Tama, yakni "kepala stasiun kehormatan". Dia mengatakan, selama delapan tahun bertugas, Tama "menyumbangkan" sekitar 8,9 juta dollar AS atau Rp 118 miliar untuk perekonomian setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com