Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ledakan di Taman Rekreasi Air Taiwan, Lebih dari 400 Orang Terluka

Kompas.com - 28/06/2015, 09:05 WIB

NEW TAIPEI, KOMPAS.com - Kebakaran besar terjadi di sebuah taman rekreasi air di New Taipei, Taiwan, setelah terjadi ledakan yang dipicu bubuk tak dikenal yang mudah tersulut api, Sabtu (27/6/2015) malam. Akibat ledakan dan kebakaran ini, setidaknya 472 orang menderita luka, dengan 100 orang di antaranya menderita luka serius.

Dikutip dari CNN, Minggu (28/6/2015), ledakan terjadi sekitar pukul 20.30 waktu setempat di tempat rekreasi air bernama Formosa Fun Coast. 

Menurut kantor berita CNA, "api dapat dengan mudah dikuasai petugas pemadam kebakaran". Meski begitu, ledakan tidak bisa menyelamatkan ratusan pengunjung dari luka bakar dan luka memar akibat terkena benda yang melayang setelah terjadinya ledakan. 

Pengunjung kemudian diangkut dengan memanfaatkan ban pelampung besar, untuk dievakuasi keluar dari lokasi kejadian.

Wali Kota New Taipei Eric Chu menyebut peristiwa ini sebagai "kecelakaan terburuk yang mengakibatkan cedera massal di New Taipei".

New Taipei memang merupakan kota dengan populasi terpadat di Taiwan Meski begitu, akibat jumlah korban yang terlalu besar, wali kota Eric Chu bahkan sampai mendatangkan ambulans bantuan dari kota tetangga, seperti Taipei, Taoyuan dan Keelung.

Tidak hanya itu, juru bicara Kementerian Pertahanan Taiwan Luo Shao-he mengatakan, semua rumah sakit militer di kawasan utara Taiwan ikut disiapkan untuk merawat korban ledakan itu.

Formosa Fun Coast mengindikasikan ledakan itu berasal dari sebuah pesta "Color Play Asia" yang diadakan oleh sebuah perusahaan yang menyewa taman rekreasi air itu sebagai tempat berlangsungnya acara.

"Kami sangat menyesal atas kecelakaan yang melukai banyak korban ini," demikian pernyataan Formosa Fun Coast.

"Hal paling penting saat ini adalah mengatasi dan membantu korban di lokasi dan bekerja sama secara komprehensif dengan Petugas Pemadam Kebakaran New Taipei," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com