Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Eksekusi 23 Warga Kurdi di Dekat Kota Kobani

Kompas.com - 25/06/2015, 19:39 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dikabarkan mengeksekusi sedikitnya 23 orang warga etnis Kurdi, termasuk anak-anak dan perempuan, di sebuah desa di selatan kota Kobani, Suriah, Kamis (25/6/2015).

"Pasukan ISIS menembak mati 23 orang di desa Kurdi Barkh Butan, termasuk perempuan, anak-anak dan mereka yang ikut mengangkat senjata melawan ISIS," demikian disampaikan Organisasi Pemantau HAM Suriah.

ISIS memasuki desa Barkh Butan, yang berjarak 20 kilometer di sebelah selatan Kobani pada Kamis pagi. Namun, pasukan ISIS kemudian mundur setelah pasukan koalisi pimpinan AS menggelar serangan udara dan pasukan Kurdi datang  ke desa itu.

Sebelumnya, ISIS menggelar serangan dadakan terhadap Kobani dengan meledakkan sebuah bom mobil yang menewaskan 15 orang dan melukai 70 orang lainnya.

Sementara bom kedua terdengar di dalam kota Kobani beberapa jam setelah pasukan ISIS masuk ke kota yang direbut pasukan Kurdi Suriah pada awal tahun ini.

Kota Kobani yang berbatasan dengan Turki merupakan sebuah simbol penting dalam perang melawan ISIS. Pasukan Kurdi Suriah dibantu serangan udara koalisi berhasil mempertahankan kota itu pada Januari setelah empat bulan pertempuran brutal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com