Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit Afganistan yang Tewaskan 6 Anggota Taliban Diberi Gelar Pahlawan

Kompas.com - 23/06/2015, 22:13 WIB

KABUL, KOMPAS.com — Seorang prajurit Afganistan, Selasa (23/6/2015), mendapat gelar pahlawan dari Presiden Ashraf Ghani setelah menewaskan enam dari tujuh anggota Taliban yang menyerang gedung parlemen di Kabul.

Presiden Ghani mengunggah fotonya bersama tentara bernama Esa Khan itu saat menerimanya di istana presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Ghani memberikan kunci rumah baru sebagai hadiah atas jasa sang prajurit. Selain itu, Esa Khan juga mendapat promosi serta medali kehormatan.

"Saya mengundang pahlawan kita, Esa Khan, ke kantor. Saya amat bangga atas keputusannya dan kepahlawanannya. Memberinya hadiah rumah baru," tulis Presiden di akun Twitter-nya.

Siaran televisi setempat pada Senin (22/6/2015) memperlihatkan Khan berdiri di atas jenazah para penyerang yang merupakan anggota Taliban.

Tujuh penyerang meledakkan bom di pintu masuk gedung parlemen, tetapi tidak berhasil masuk ke ruang sidang utama. Semua penyerang tewas ditembak aparat keamanan, yang salah satunya adalah Khan. Di depan kamera televisi, Khan mengatakan menewaskan enam penyerang itu satu per satu.

Dua warga sipil tewas dalam insiden tersebut dan sekitar 40 lainnya cedera. Taliban mengatakan, mereka melancarkan serangan karena parlemen akan bersidang untuk menunjuk menteri pertahanan yang baru, Massoom Stanekzai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com