Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Sebuah Wawancara, Presiden Obama Gunakan Kata "Nigger"

Kompas.com - 23/06/2015, 19:32 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menggunakan kata nigger dalam sebuah wawancara tentang Amerika Serikat yang masih belum bisa mengatasi sepenuhnya masalah rasialisme.

"Rasialisme, kita masih belum sembuh dari masalah ini. Dan ini bukan hanya masalah tidak sopan menyebutkan kata nigger di depan umum," kata Presiden Obama.

Obama diwawancarai komedian Marc Maron untuk sebuah podcast yang disiarkan pada Senin (22/6/2015). Dalam wawancara itu Obama juga mengeluhkan Kongres yang kurang berusaha menerapkan pengawasan senjata api yang lebih ketat.

"Ini bukan hanya masalah diskriminasi terbuka. Masyarakat tidak dalam waktu semalam menghapus apa yang terjadi 200 sampai 300 tahun lalu," ujar Obama.

Obama mengakui sikap terhadap ras di Amerika telah membaik sejak masa kanak-kanaknya, tetapi dia mengatakan sejarah Amerika memperbudak warga kulit hitam "menciptakan bayangan besar dan itu masih menjadi bagian dari DNA yang kita wariskan".

Obama sebelumnya juga pernah menggunakan nigger sebelumnya di depan umum saat belum menjadi presiden. Dia menggunakan kata itu beberapa kali dalam bukunya "Dreams from My Father".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com