Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Hari Terpendek pada Musim Dingin, 700 Orang Berenang Bugil di Tasmania

Kompas.com - 22/06/2015, 17:15 WIB

HOBART, KOMPAS.com — Sekitar 700 orang berenang bugil di Sungai Derwent, Hobart, Tasmania, Senin (22/6/2015), untuk merayakan hari terpendek dalam musim dingin di belahan dunia selatan.

Pada Senin ini, rentang waktu antara jarak matahari terbit dan matahari terbenam paling pendek, dan fenomena ini disebut winter solstice di bumi bagian selatan.

Dengan suhu udara hanya berkisar 1 derajat di darat dan 11 derajat celsius di dalam air, peristiwa renang telanjang ini merupakan kegiatan tahunan dan sekaligus menandai berakhirnya 10 hari Festival Dark Mofo yang dilangsungkan di Hobart untuk tahun ketiga.

Memulai kegiatan mereka pada saat matahari terbit sekitar pukul 07.00 pagi di Pantai Sandy Bay, ratusan warga ini disambut suhu yang sangat dingin, dengan kebanyakan perenang hanya berada di dalam air selama beberapa detik.

Namun, ketika mereka keluar dari air, suhu di darat lebih dingin lagi, yaitu 1 derajat celsius. Sekitar 1.100 orang mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini. Namun, pihak penyelenggara mengatakan, suhu yang dingin tampaknya membuat beberapa orang membatalkan niat mereka. Akhirnya, tinggal 752 orang yang benar-benar berenang di sungai yang dingin itu.

Di antara mereka yang turut serta adalah Stephen dan Michael Samson, pasangan kembar dari Sydney yang merayakan ulang tahun ke-50. "Kami merayakan ulang tahun ke-50 pada Desember," kata Stephen.

"Daripada melakukan sesuatu seperti bungee jumping atau skydiving, kami berpikir untuk melakukan renang telanjang ini." katanya lagi.

Kegiatan berenang atau turun ke air pada musim dingin guna memperingati winter solstice ini juga dilakukan oleh sekelompok ilmuwan yang sedang berada di Kutub Selatan.

Pada Minggu tengah hari, dengan suhu minus 26 derajat celsius, 13 ilmuwan dari tiga stasiun Antartika milik Australia turun untuk mencoba dinginnya air lewat sebuah lubang es yang sengaja dibuat.

Beberapa perenang mampu berenang satu putaran, tetapi sebagian besar lainnya hanya mampu bertahan selama 30 menit, sebelum kemudian naik ke darat dan masuk ke dalam kontainer yang sudah dihangatkan terlebih dahulu.

Bila di bumi bagian selatan sedang mengalami musim dingin maka di belahan utara bumi justru sedang musim panas. Dalam winter solstice di belahan utara, jarak matahari terbit dan terbenam paling lama, dan ribuan orang mendatangi Stonehenge di Inggris untuk merayakan peristiwa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com