Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usir ISIS, Milisi Kurdi Suriah Kuasai Kota Tal Abyad

Kompas.com - 16/06/2015, 14:48 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Pasukan milisi Kurdi Suriah (YPG) mengklaim telah merebut kota Tal Abyad, yang berada dekat perbatasan dengan Turki, dari tangan Negara Islam Irak dan Suriah pada Senin (15/6/2015).

Direbutnya kota Tal Abyad oleh milisi Kurdi YPG dan sejumlah kelompok pemberontak Suriah berarti kelompok Kurdi secara efektif mengendalikan perbatasan Suriah-Turki sepanjang 400 kilometer yang selama ini menjadi jalur penyelundupan senjata dan bahan bakar serta pintu masuk para pejuang asing ISIS.

Sejauh ini milisi YPG adalah satu-satunya rekan signifikan untuk koalisi pimpinan AS yang menggelar serangan udara terhadap ISIS.

"Kami (YPG) kini menguasai perbatasan dengan Turki dari sisi timur laut hingga ke sisi timur kota Jarabulus yang merupakan pintu perbatasan terakhir yang dikuasai ISIS," ujar juru bicara YPG, Redur Xelil.

Pasukan gabungan pimpinan YPG juga menguasai jalan raya yang menghubungkan Tal Abbyad dengan kota Raqqa yang berjara 80 kilometer sebelah selatan. Dengan menguasai ruas jalan ini, Kurdi memotong jalur pasukan tambahan.

Meski keberhasilan ini telah membawa pasukan KUrdi YPG yang terorganisasi baik itu semakin mendekati basis terkuat ISIS di provinsi Raqqa, namun hal ini juga mengkhawatirkan Turki. Pemerintah Turki khawatir keberhasilan Kurdi ini akan memicu semangat separatisme kelompok minoritas Kurdi di negeri itu.

Pasukan milisi YPG kini memusatkan gerak maju mereka ke provinsi Raqqa setelah memperoleh hasil positif di provinsi Hasaka sejak Mei lalu juga dengan bantuan serangan udara koalisi.

Saat milisi Kurdi menyingkirkan ISIS dari Hasaka, kelompok itu maju di daerah lain di Suriah termasyk kota Palmyra yang direbut dari tangan pasukan Suriah pada pertengahan Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com