Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Izinkan Pengungsi Suriah Masuk ke Wilayahnya

Kompas.com - 15/06/2015, 06:33 WIB

KOMPAS.com - Turki mulai mengizinkan ribuan warga Suriah masuk ke wilayahnya Mereka mengungsi dari sebuah kota yang dikuasai kelompok militan yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS.

Para pejuang Kurdi sedang melancarkan perang untuk merebut kembali kota Tal Abyad.

Ribuan pengungsi dari kota itu dan kampung-kampung sekitarnya tidur di alam terbuka selama dua hari belakangan di dekat perbatasan dengan Turki.

Sebelumya Turki mencegah para pengungsi itu memasuki wilayahnya namun sejumlah pengungsi tetap berupaya untuk melintasi perbatasan, antara lain dengan membuat lobang di pagar perbatasan maupun memanjat pagar.

Pejuang Kurdi -yang mendapat bantuan serangan udara dari koalisi pimpinan Amerika Serikat- dilaporkan sudah berada di gerbang kota Tal Abyad.

Dikuasainya kembali kota itu diharapkan bisa menghentikan pasokan dari wilayah perbatasan ke Negara Islam dan kota Raqqa yang mereka kuasai.

Sebagian dari para pengungsi yang baru melintasi perbatasan, Minggu (14/06) malam, waktu setempat sudah memiliki keluarga yang lebih dulu tiba di sana.

Media Turki memperkirakan sekitar 3.000 pengungsi akan masuk ke wilayahnya setelah perbatasan Akcakale dibuka.

Sejak maraknya konflik di Suriah -yang berawal dari pemberontakan atas Presiden Bashar al-Assad hingga gerak maju kelompok Negara Islam yang menguasai sejumlah wilayah- sekitar 1,8 juta warga Suriah mengungsi ke Turki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com