Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Habiskan Rp 119 Miliar Per Hari untuk Perangi ISIS

Kompas.com - 12/06/2015, 11:45 WIB
KOMPAS.com — Amerika Serikat menghabiskan lebih dari 9 juta dollar AS atau setara dengan Rp 119,7 miliar per hari untuk memerangi kelompok milisi ISIS. Jumlah itu belum ditambah dengan 2,7 miliar dollar atau Rp 35,9 triliun yang dikucurkan khusus untuk aksi pengeboman di Suriah dan Irak sejak Agustus lalu.

Rincian biaya yang dihabiskan militer Amerika Serikat tersebut dirilis Departemen Pertahanan AS ketika parlemen menyetujui anggaran pengeluaran untuk dana pertahanan sebesar 579 miliar dollar.

Dana untuk memerangi ISIS tidak akan berhenti mengalir kecuali Kongres AS mengeluarkan undang-undang untuk menghentikan aksi militer.

Angkatan Udara

Biaya operasi militer AS telah melonjak sejak korps bersenjata tersebut memulai aksi mereka di Irak pada Agustus 2014. Dari jutaan dollar yang dikeluarkan setiap hari, sebanyak dua pertiganya mengalir ke Angkatan Udara.

Hal itu disebabkan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memutuskan untuk tidak mengirim pasukan infanteri ke Irak dan Suriah.

Operasi militer kemudian dititikberatkan pada aksi serangan udara dan pengiriman 3.500 personel militer untuk melatih tentara Irak.

Pada Kamis (11/6/2015), Komandan Kepala Staf Gabungan Jenderal Martin Dempsey mengatakan, peran Angkatan Udara masih akan diandalkan dalam operasi di Irak dan Suriah untuk memerangi ISIS pada masa mendatang. Dia juga memunculkan kemungkinan untuk menciptakan jaringan kamp pelatihan bagi tentara Irak di bagian utara negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com