Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Partai Konservatif Menang Pemilu Inggris, Ini Janji-janji David Cameron

Kompas.com - 08/05/2015, 22:16 WIB

LONDON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris di luar dugaan berhasil membalikkan jajak pendapat dan unggul jauh atas tiga partai lain dalam pemilu Inggris. Pemimpin Partai Konservatif ini pun berjanji bahwa pemerintahnya akan mewakili semua kepentingan di Inggris.

Partainya tidak memerlukan dukungan partai-partai lain untuk mewujudkan janji-janji kampanye. Sebab, Partai Konservatif mendapatkan kursi yang lebih dari cukup untuk menjadi kekuatan mayoritas di parlemen.

Cameron mengatakan, pihaknya akan menambah kewenangan bagi pemerintah lokal di Skotlandia, setelah Partai Nasional Skotlandia (SNP) merebut kursi di hampir semua daerah pemilihan di Skotlandia. Ia juga berjanji untuk menambah kewenangan bagi pemerintah di Wales dan Irlandia Utara.

Terkait isu Uni Eropa, Cameron mengatakan akan menggelar referendum keanggotaan Inggris di organisasi ini.

Sebelum pencoblosan hari Kamis (7/5/2015) semua jajak pendapat memperlihatkan bahwa Partai Konservatif dan Partai Buruh sebagai kekuatan oposisi utama, akan bersaing ketat.
Namun penghitungan di berbagai daerah pemilihan menunjukkan Partai Konservatif unggul jauh.

Pemimpin Partai Buruh, Ed Miliband, mundur dan mengatakan bertanggung jawab atas hasil buruk partainya di pemilu kali ini.

Nick Clegg, ketua Partai Liberal Demokrat, mitra Konservatif di pemerintahan koalisi dalam lima tahun terakhir, juga mengundurkan diri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com