Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Buka Hotel Bintang Lima di Kota Mosul

Kompas.com - 06/05/2015, 20:30 WIB
MOSUL, KOMPAS.com — Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah membuka kembali sebuah hotel bintang lima di Mosul, Irak, yang sebelumnya ditutup. Hotel ini pernah mendapatkan komentar positif dari TripAdvisor, sebuah situs wisata yang memberikan penilaian terhadap berbagai hotel di dunia.

Berdasarkan sejumlah media berbahasa Arab, ISIS telah membuka kembali hotel Ninawa di Mosul, kota terbesar kedua di Irak, yang diklaim menjadi ibu kota Kekalifahan Islam yang didirikan ISIS.

Hotel yang memiliki 262 kamar itu diyakini merupakan hotel bintang lima pertama di wilayah kekalifahan yang diproklamasikan ISIS beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, ISIS menutup paksa semua hotel yang ada di wilayah yang dikuasainya di Suriah dan Irak. Hotel ini kabarnya disediakan untuk para komandan ISIS yang berkunjung ke Mosul, tetapi juga bisa digunakan untuk menggelar pesta pernikahan.

Sejumlah foto yang diunggah ke internet memperlihatkan para anggota ISIS tengah mengecat dinding hotel. Foto lain memperlihatkan pembukaan kembali hotel, lengkap dengan balon berwarna-warni, tetapi tetap menampilkan bendera hitam khas ISIS.

Dalam sebuah penilaian TripAdvisor sebelum ISIS menguasai sebagian wilayah Irak, termasuk Mosul, pada Juni tahun lalu, hotel ini mendapatkan penilaian empat bintang atau sempurna.

Salah seorang pengguna situs TripAdvisor menggambarkan hotel ini sangat cocok untuk pertemuan keluarga dengan ruang pernikahan yang indah. Sementara itu, tamu lain memuji tarifnya yang terjangkau dan fasilitas yang cukup lengkap, seperti kolam renang, lapangan tenis, dan ruang kebugaran.

Pemandangan yang menakjubkan dari balkon kamar juga menjadi salah satu penilaian yang diberikan para tamu hotel tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com