Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aparat Australia Tangkap Buaya Besar Pemangsa Anjing

Kompas.com - 05/05/2015, 18:25 WIB

DARWIN, KOMPAS.com - Seekor buaya besar yang telah memangsa beberapa ekor anjing dan juga mengancam warga di kawasan pedalaman Daly River, Northern Territory (NT), Australia ditangkap para petugas.

Manajer pelindung satwa NT Tom Nichols mengatakan buaya ini memiliki panjang 4,3 meter dan sebelumnya lebih panjang lagi karena sekitar 50 sentimeter ekornya sudah terpotong.

"Sebuah perangkap dipasang polisi setempat di Daly River karena adanya laporan bahwa seekor buaya sudah memangsa beberapa ekor anjing di sana." katanya.

"Ini karenanya menjadi ancaman bagi manusia juga di kawasan tersebut khususnya bagi anak-anak. Situasi ini sebenarnya memang menjadi masalah yang terus mengancam komunitas di sana." lanjut Nichols.

Daly River terletak sekitar 223 km dari ibu kota Northern Territory, Darwin, berpenduduk sekitar sekitar 500 orang. Kepolisian NT mengatakan mereka juga menerima laporan bahwa buaya tersebut mengancam para nelayan pencari ikan.

Nichols mengatakan perangkap dipasang pada Jumat pekan lalu dan buaya ini ditangkap pada Minggu (3/5/2015) malam. Tim penanganan buaya tiba di lokasi kejadian pada Senin (4/5/2015). Dengan bantuan polisi setempat, buaya ini sudah dipindahkan ke sebuah peternakan buaya.

Menurut Nichols, meskipun sekarang ini buaya tersebut tidak mencoba menyerang manusia, namun dikhawatirkan hal tersebut nantinya akan terjadi. "Kita tentu saja tahu apa yang bisa dilakukan binatang seperti buaya, walau kita juga tidak tahu apa yang akan dilakukannya."

Buaya ini sekarang akan digunakan sebagai induk di sebuah peternakan buaya. Di Northern Territory yang memiliki banyak kawasan rawa, buaya sudah merupakan bagian dari kehidupan masyarakat di wilayah ini.

Sebagian dari buaya ini dibiarkan hidup di alam liar, dan hanya akan dipindahkan atau dibunuh bila buaya tersebut mulai membahayakan atau memangsa manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com