Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main "Game" Internet 14 Hari Tanpa Henti, Pemuda China Pingsan di Jalan

Kompas.com - 05/05/2015, 18:11 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Seorang pemuda berusia 21 tahun asal Lujiang, provinsi Anhui, China, jatuh pingsan setelah 14 hari tanpa henti bermain game online. Namun, dia meminta tim medis yang menolongnya untuk menyalakan komputer agar dia tetap bisa bermain.

Pria yang hanya disebut dengan nama Xia itu tak memiliki pekerjaan tetap sejak dia lulus dari universitas, tahun lalu. Menurut media setempat, Xia hanya membantu ibunya menjaga toko kelontong di kampung halamannya.

Sejak Oktober tahun lalu, Xia kecanduan permainan World of Warcraft. Dia kerap terlihat di warung internet setempat hanya untuk memainkan game kesayangannya itu.

Pada 20 April lalu, Xia mengatakan kepada ibunya bahwa dia ingin belajar mengemudikan mobil, dan meminta uang 800 yuan atau lebih dari Rp 1,6 juta. Sang ibu mendukung keinginan itu dan memberikan uang yang diminta karena mengira sang putra akhirnya mau melakukan sesuatu yang serius.

Ternyata, Xia menggunakan uang itu bukan untuk kursus mengemudi, melainkan menghabiskan seluruh uang tersebut di sebuah warung internet untuk memainkan World of Warcraft.

Dengan uang pemberian ibunya, Xia "mendekam" selama hampir dua pekan di sebuah warung internet hingga pada 3 Mei pukul 07.30 pingsan, tak lama setelah sarapan pagi.

Xia yang pingsan di luar warung internet itu menarik perhatian warga setempat, dan kemudian menghubungi ibu Xia dan kepolisian. Berdasarkan catatan warung internet itu, Xia mulai online pukul 18.00 hingga pukul 04.00 subuh setiap hari selama dua pekan terakhir.

"Dia menghabiskan hampir seluruh uangnya untuk membeli peralatan game baru, rokok, dan makanan setiap hari," ujar seorang pegawai warung internet, Zhang.

Zhang mengatakan kepada wartawan, Xia sebenarnya sudah tak punya uang pada hari kelima. Namun, dia menggunakan kredit permainan milik pelanggan lain saat para pelanggan lain itu tertidur di tempat tersebut.

"Pada 3 Mei sekitar pukul 19.00, Xia mengatakan bahwa dia merasa pusing karena belum makan seharian. Dia lalu pergi untuk mencari makan," ujar seorang petugas kebersihan, Wang.

Saat itu, ujar Wang, Xia sudah tak mampu berdiri. Saat dia mencoba membantu Xia berdiri, perempuan itu mengetahui bahwa Xia juga tak mandi hampir selama dua pekan terakhir.

Gilanya, saat Xia terbangun di rumah sakit pada Minggu (3/5/2015), dia malah meminta para dokter untuk tidak mengganggunya, dan meminta agar tim medis menyalakan komputer agar dia bisa terus bermain game online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com