Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembakan Mortir dari Suriah Lukai 2 Tentara PBB di Golan

Kompas.com - 04/05/2015, 19:10 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Dua orang personel pasukan penjaga keamanan PBB terluka ketika tembakan mortir dari Suriah menghantam markas mereka di dataran tinggi Golan yang diduduki Israel, Senin (4/5/2015).

"Tembakan mortir hantam Golan di Ein Ziva dan di basis UNDOF di Zivanit. Dua tentara PBB dievakuasik ke Israel untuk mendapatkan perawatan medis," kata juru bicara AD Israel, Letnan Kolonel Peter Lerner.

AD Israel mengatakan, tembakan mortir itu tidak diarahkan langsung ke wilayah Golan-Israel. Tembakan itu lebih merupakan serangkaian tembakan dari konflik bersenjata di Suriah.

Sejak konflik bersenjata di Suriah pecah pada 2011, situasi di Dataran Tinggi Golan terus memanas, dengan diwarnai sejumlah tembakan roket dan mortir yang jatuh di wilayah Israel dan tak jarang memicu serangan balasan dari Israel.

Pada Januari lalu, seorang tentara PBB asal Spanyol tewas di perbatasan Israel-Lebanon ketika terjadi baku tembak antara pasukan Israel dan Hezbollah.

Sementara itu, Direktur Lembaga Pemantau HAM Suriah Rami Abdel Rahman, kepada AFP, mengatakan pertempuran antara kelompok pemberontak sudah terjadi sejak pekan lalu di kawasan yang tak jauh dari garis gencatan senjata di Golan.

"Pertempuran antara kelompok pemberontak Suriah di Qahtaniya dekat garis gencatan senjata di Dataran Tinggi Golan masih berlangsung. Tak jarang mereka saling melepaskan tembakan mortir," ujar Rami.

Israel merebut 1.200 kilometer persegi Dataran Tinggi Golan usai Perang Enam Hari pada 1967 dan kemudian menguasai wilayah itu meski langkah tersebut tak pernah diakui dunia internasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com