Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marinir AS Siap ke Kawasan Terpencil Nepal

Kompas.com - 04/05/2015, 03:50 WIB

KOMPAS.com - Pasukan dan pesawat darurat dari Amerika Serikat sudah tiba di Nepal untuk membantu penyaluran bantuan ke kawasan terpencil yang dilanda gempa pekan lalu.

Upaya penyelamatan dan pengiriman bantuan ke tempat di sekitar pusat gempa berkekuatan 7,8 skala Richter Sabtu (25/04) pekan lalu, terhambat karena keterbatasan angkutan udara.

Sekitar 100 marinir Amerika Serikat dengan dua helikopter dan empat pesawat Ospreys, yang bisa terbang dan mendarat secara vertikal, sudah tiba di Bandara Tribhuvan di ibukota Khatmandu.

Keenam helikopter dan pesawat tersebut akan mulai beroperasi Senin 4 Mei.

"Kami punya tim pencari dan penyelamat yang menunggu untuk pergi ke kawasan terpencil, kami juga punya pasokan bantuan, khususnya untuk tempat penampungan," kata perwira tinggi marinir AS, Brigadir Jenderal Paul Kennedy.

Sejauh ini sudah lebih dari 7.000 orang tewas akibat gempa besar yang menyerang Nepal dengan 14.000 lebih cedera. Namun jumlah korban diperkirakan masih akan bertambah.

Pusat gempa terletak di wilayah Gorkha dan banyak jalan untuk mencapai kawasan-kawasan pegunungan tertutup tanah longsor.

Pemerintah Nepal sebelumnya meminta kepada negara-negara yang memberi bantuan agar mengirimkan lebih banyak helikopter untuk mengangkut para korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com